Skip to content

Beternak Perkutut I

10/08/2012

TERNAK PERKUTUT — Popularitas burung yang satu ini memang tidak pernah surut, bahkan burung perkutut termasuk hewan piaraan yang menempati posisi cukup “mulia” bahkan keramat di kalangan penggemar burung kicau. Dalam tradisi masyarakat Jawa utamanya , burung perkutut menjadi simbol derajat golongan seseorang dan sumber ketenangan di rumah. Suara burung perkutut memang sanggup memberika ketenangan dan kedamaian bagi pemiliknya karena suaranya yang memberi kesan hening dan tenang di dalam rumah. Usaha ternak perkutut ini cukup lumayan untuk ditekuni, banyak peternak perkutut yang telah sukses hingga membiayai anak-anak mereka sampai lulus perguruan tinggi.

Dari segi bisnis, ternak burung perkutut memang bisa dibilang tidak fluktuatif dan tidak mengenal musim. Penggemar burung perkutut cukup loyal dalam memeliharanya, karena biasanya perkutut dipelihara oleh orang-orang yang memang penghobi berat burung kicau. Dengan kualitas burung perkutut standard harganyapun sudah terpola. Berbeda dengan burung-burung kicau yang lain, yang harganya mahal selangit saat sedang tren namun jeblok saat sudah tidak tren lagi.

Harga burung perkutut akan melambung tinggi jika menghasilkan kicauan yang merdu dan memiliki ciri khas tertentu. Belum lagi jika burung perkutu tersebut memenangkan perlombaan dalam kontes burung perkutut, pasti akan terdongkrak berlipat-lipat. Bagi peternak yang terbukti menghasilkan burung perkutu juara pasti akan diserbu penghobi perkutu dari berbagai penjuru. Perkutut belum menetaspun sudah akan dipesnan oleh para pecinta.

Tips Usaha Ternak Perkutut

  • Dilandasi Rasa Senang

Jika anda tertarik menenuki usaha ternak perkutut ini ada beberapa hal penting yang perlu dimengerti. Yang paling penting adalah anda harus cinta dan hobi dalam melakukannya. Karena burung perkutut adalah untuk hobi dan kesenangan maka dalam memeliharanyapun harus dilandasi rasa senang terlebih dahulu.

  • Pilih Indukan/Bibit Perkutut Yang Baik

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam usaha ternak perkutut ini adalah memilih indukan yang berkualitas baik. Mencari Indukan perkutut atau calon indukan dari keturunan perkutu juara dan berkualitas baik merupakan pilihan yang baik. Biaya perawatan perkutut biasa dengan perkutut kualitas baik relatif sama sehingga lebih baik pilih bibit yang unggul sekalian.

  • Kandang Perkutut

Pemeliharaan Perkutut diantaranya meliputi pemeriksaan kondisi kandang, kebersihan perlengkapan yang terdapat didalamnya, juga kontrol dari jumlah dan kualitas pakan yang tersedia, dan yang terakhir adalah pemeriksaan kesehatan Perkutut. Hal-hal tersebut diatas sebaiknya dilakukan setiap hari. Perlu diingat kondisi yang ideal bagi sangkar Perkutut adalah 20° – 28° C, jadi janganlah terlalu lama untuk menjemur Perkutut Anda.

  • Makanan Burung Perkutut

Ada banyak jenis makanan yang bisa diberikan kepada burung perkutut. Pada umumnya makanan burung perkutut adalah berupa biji-bijian. Bagi penghobi perkutut untuk klangenan atau untuk lomba ada beberapa makanan dan minuman suplemen yang sering diberikan untuk menambah vitalitas dan performa perkutut. Jenis makanan perkutut dari biji-bijian yang bisa diberikan antara lain: milet, gabah, Juwawut, ketan hitam, beras merah dan biji-bijian lainya. Milet merupakan jenis makanan perkutut import.

  • Perkembangbiakan Burung Perkutut

Burung perkutut seperti ungas yang lain berkembangbiak dengan bertelur, jumlah telur setiap masa bertelur sebanyak 2 (dua) butir dengan jarak antara telur yang pertama dengan yang kedua biasanya satu hari. Perkutut di alam bebas bertelur sebanyak 2 hingga 3 kali dalam setahun. Sedangkan Perkutut yang telah diternakkan dapat bertelur hingga 6 kali /th.
Untuk meningkatkan produktifitas perkembangbiakan ternak perkutut, biasanya para peternak menggunakan metode menitipkan telurnya untuk dieramkan dan dirawat burung lain seperti Tekukur atau Puter. Jadi burung perkutut hanya bertugas bertelur saja dan tidak mengerami serta mengasuh anak perkutut. Dengan cara ini sepasang Perkutut dapat bertelur hingga 3 kali dalam sebulan yang berarti 36 kali bertelur dalam setahun.

Analisa Usaha Ternak Perkutut

Usaha ternak perkutut memang perlu membidik segmen pasar yang akan dibidik. Hal ini berkaitan dengan harga jual yang akan dipatok dan pemilihan indukan. Misalnya saja untuk segmen orang yang menekankan pada perkutut lomba, untuk peternak, segmen penggemar yang menekankan gengsi, penggemar yang menekankan katuranggan dan lain-lain

Sebagai gambaran sederhana dalam menganalisa usaha ternak perkutut, sepasang perkutut paling banyak menghabiskan biaya untuk pakan dan obat-obatan sebesar Rp15 ribu/bulan. Sementara untuk membeli 5 pasang indukan butuh Rp. 500.000 – Rp. 1 juta dan hal ini sangat dipengaruhi oleh kualitas calon indukan tersebut.

Biaya untuk pembuatan kandang berukuran 90x70x180 cm3 atau 120x60x180 cm3 yang terbuat dari kayu/bambu dan ram-raman kawat, kurang lebih menelan biaya Rp 500 ribu. Kandang tersebut cukup bagi 1 atau 2 pasang. Dalam sebulan sepasang perkutut mampu menghasilkan 2 – 8 anakan dengan harga Rp.200 ribu/pasang.  Selamat Mencoba.

#lestarikanperkutut

#perkututcilacap

[sumber : galeriukm.com –  jualkutut.blogspot.com]

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: